Mengenal Invoice, Apa itu Invoice?

Case Study

Ketika menjalankan suatu bisnis, penting bagi pelaku bisnis untuk mempersiapkan segalanya dengan matang. Strategi bisnis harus dipersiapkan dengan baik, begitu pula dengan dokumen kelengkapan bisnis. Harus dipersiapkan dengan baik pula demi kelangsungan sebuah bisnis.

Sumber: https://looka.com/blog/starting-a-bookkeeping-business/

Dokumen dalam bisnis ini salah satunya adalah invoice, dimana berfungsi sebagai bukti transaksi. Sama dengan bukti transaksi lain seperti kwitansi, nota, bon, atau bukti transaksi lain. Namun, invoice adalah dokumen yang memiliki ciri khas dan kegunaan sendiri.

Bagi bisnis dalam skala kecil maupun besar, wajib mempersiapkan invoice. Hal ini bertujuan untuk memperlancar keuangan perusahaan, karena berhubungan dengan pencatatan arus kas bisnis.

Lalu, apa itu invoice? Mengapa begitu penting dalam bisnis? Di artikel kali ini, akan membahas mengenai apa itu invoice. Invoice adalah dokumen yang akan dijelaskan pada sub bab di bawah ini.

Apa itu Invoice? Invoice adalah

Invoice adalah dokumen penting yang dikeluarkan oleh penjual dan diberikan kepada pembeli karena telah melakukan transaksi pembelian secara kredit. Dikatakan kredit karena pada saat pembuatan invoice, penjual belum mengirimkan produk yang diinginkan pembeli, dan pembeli pun belum membayarkan tagihan kepada penjual.

Karena transaksi ini, perlu adanya bukti yang kuat bagi penjual dan pembeli. Setelah invoice dibuat, barulah penjual mengirimkan produk yang diinginkan pembeli. Baru kemudian pembeli membayarkan tagihan atas pesanan yang telah dilaksanakan.

Sumber: https://membershipworks.com/allow-members-to-view-print-email-pay-invoices/

Selain itu, pentingnya invoice juga sebagai bukti penagihan dari penjual kepada pembeli atas transaksi pembelian. Karena, jika pembeli menolak membayar produk yang telah dipesan dan dikirim oleh penjual, maka penjual berhak untuk menagih pembayaran. Bahkan, penjual memperoleh perlindungan hukum apabila memiliki invoice yang sah.

Dengan demikian, tidak ada alasan lagi bagi pelaku bisnis untuk tidak mempersiapkan invoice. Meskipun selama ini, pembelian yang terjadi kebanyakan adalah secara kontan. Tapi, pelaku bisnis tida pernah tahu, pelanggan seperti apa yang akan datang dan menginginkan transaksi seperti apa.

Fungsi Invoice adalah

Invoice adalah dokumen penting yang memiliki fungsi – fungsi tersendiri. Khususnya bagi pihak yang memiliki invoice. Sebelum membahas mengenai fungsi invoice, perlu diketahui bahwa biasanya invoice dicetak dalam tiga rangkap. Dimana setiap rangkap diberikan kepada pihak penjual, bagian keuangan, serta pembeli.

Bagi penjual, fungsi invoice adalah sebagai dokumen yang digunakan sebagai arsip bahwa telah terjadi transaksi antara penjual dan pembeli. Karena di dalam invoice memuat informasi yang lengkap mengenai detail produk yang dibeli, harga total pembayaran, keterangan pihak penjual dan pembeli, serta termin pembayaran. Selain itu, invoice adalah dokumen penting bagi penjual untuk dapat melakukan penagihan kepada pembeli.

Bagi bagian keuangan, fungsi invoice adalah sebagai dokumen yang digunakan sebagai referensi pembukuan keuangan. Selain itu, di kondisi tertentu invoice juga dapat digunakan sebagai rujukan faktur pajak yang sah.

Sementara bagi pembeli, fungsi invoice adalah sebagai bukti transaksi, serta dokumen yang sah apabila pembeli akan mengajukan klaim asuransi dan komplain atas kerusakan barang yang dikirim atau ketidak sesuaian jumlah tagihan yang diterima.

Komponen yang ada dalam Invoice adalah

Di dalam invoice memuat informasi penting mengenai transaksi yang telah terjadi. Diantaranya adalah keterangan nama dan kontak pihak penjual dan pembeli, tanggal transaksi, daftar produk yang dibeli, jumlah harga tiap produk, total harga produk setelah ditambahkan dengan biaya lain – lain ataupun dikurangi diskon, termin waktu pembayaran, serta tata cara pembayaran dan nomor rekening, jika dibayarkan dengan cara transfer bank.

Leave a Comment